Fungsi VPN Ternyata Penting Banget!

Belum lama ini, Indonesia dihebohkan dengan WhatsApp yang enggak bisa digunakan buat mengirim pesan gambar dan video. Hal itu terjadi menyusul adanya pembatasan pengiriman pesan gambar dan video dari Keminfo buat mencegah tersebarnya hoax. Tapi, karena itu pula banyak yang jadi tahu bahwa semua itu enggak berlaku kalau pakai VPN (Virtual Private Network). Salah satu fungsi VPN adalah memberikan bebas akses internet tanpa blokir.

 

Nah, sebetulnya masih banyak lagi fungsi VPN buat berinternet. Selama ini, mungkin penggunaan VPN dianggap negatif karena cenderung “nakal” digunakan buat membuka situs yang dilarang. Padahal, enggak negatif, sebenarnya VPN justru berfungsi buat mengamankan segala aktivitas internet kamu.

 

Browsing bebas, privasi terlindungi

Kalian pengguna e-banking? Sering melakukan transaksi melalui e-banking atau m-banking dengan angka yang enggak sedikit? Hati-hati, transaksi kalian itu rawan dibajak, loh, terutama kalau kalian menggunakan akses internet publik alias Wifi. Maka dari itu, fungsi VPN dalam hal ini bisa berharga banget, yaitu buat melindungi kamu dari pencurian data.

Enggak cuma transaksi perbankan, VPN juga bisa melindungi data pembayaran online menggunakan kartu kredit. Dengan menggunakan VPN. Nomor kartu kredit kamu bakal aman dan enggak bisa dibajak karena data kamu tersusun secara privat dan terenkripsi dengan aman.

 

Virus? Ke laut aja!

Salah satu yang enggak boleh dianggap remeh saat browsing adalah virus atau malware. Keberadaan virus di internet bisa membahayakan data kamu kalau sampai menjangkiti perangkat kamu. Makanya, penggunaan VPN dalam hal ini bisa membantu kamu mengamankan data sehingga enggak mudah dibajak oleh para hacker.

Kenapa bisa begitu? Sebenarnya, dengan menggunakan VPN, mau enggak mau kamu bakal menggunakan jaringan pribadi yang terenkripsi. Dengan begitu, VPN secara langsung memberikan proteksi terhadap virus saat mengakses internet. Proteksi dilakukan dengan cara mengalihkan akses perangkat kamu dengan cara khusus agar enggak secara langsung terhubung dengan sumber informasi yang kamu ingin buka. Jadi, singkatnya, kamu enggak bakal terlibat langsung ke situs yang kamu ingin buka.

Baca Juga :  Aplikasi untuk Merekam Layar HP Android Terbaik

 

Enggak ada sensor, bebas blokir

Kadang menyebalkan, memang, kalau ada situs penting yang enggak bisa dibuka alias diblokir provider tertentu, atau bahkan diblokir pemerintah. Untungnya, salah satu fungsi VPN adalah membebaskan kamu dari pemblokiran situs alias enggak ada sensor! Dengan VPN, kamu bisa membuka situs yang disensor atau pun diblokir karena konten tertentu atau alasan lainnya.

Eits, jangan berpikiran macam-macam dulu. Situs kayak Netflix dulunya enggak bisa dibuka di Asia, khususnya Indonesia, karena masalah region. Begitu juga game Pokemon Go yang dulu cuma bisa diakses dari Amerika Utara. Berkat VPN, para pengguna yang mau mengakses situs dan game tersebut bisa membukanya tanpa pemblokiran region.

 

Bye, internet lemot!

Ini adalah salah satu fungsi VPN yang paling memudahkan. VPN juga bisa meningkatkan kecepatan pengunduhan dan pengunggahan file dari dan ke internet. Karena menggunakan jaringan pribadi, berarti cuma sedikit orang yang memakai jaringan tersebut. Hasilnya, tentu jaringan yang lancar diakses dan bebas lemot.

Kalau di ponsel, kamu bisa menemukan beberapa aplikasi VPN gratis yang menyediakan jaringan cepat khusus yang biasanya dikaitkan ke beberapa negara, kayak Singapura, India, atau Amerika Serikat. Nah, kecepatan setiap server jaringan ini berbeda-beda. Kalian bisa pilih yang paling cepat sehingga kegiatan berselancar di internet pun jadi enggak terganggu cuma karena internet lemot.